Wakil Bupati Belitung Timur Buka Gelaran Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Se Kabupaten Belitung Timur

Belitung Timur, suararakyatnusantara.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung Timur kembali menggelar Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten Belitung Timur tahun 2024. Sebanyak 40 siswa dari SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kabupaten Beltim mengikuti Lomba yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Beltim.

Wakil Bupati Beltim, Khairil Anwar menilai jika animo anak-anak sekolah untuk bercerita atau bertutur sudah mulai berkurang. Faktor digitalisasi dan kurangnya kepedulian orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya membuat anak-anak jadi kurang berminat. Selasa (14/5/2024).

“Kalau saya lihat, secara umum memang minat anak-anak untuk bertutur sekarang berkurang. Beda dengan jaman kita dulu,” kata Khairil, saat membuka Lomba Bertutur di Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Beltim.

Padahal menurut Khairil kegiatan bertutur sangat baik untuk mengembangkan potensi anak terutama dalam hal mengasah kemampuan literasi siswa dan komunikasi anak.

“Minat baca mereka dan pengembangan imajinasi meraka akan berkembang. Makanya kita sangat mengapresiasi adanya Lomba Bertutur ini,” ujar Khairil.

Untuk itulah Mantan Camat Simpang Pesak ini meminta agar Lomba Bertutur tidak hanya dilaksanakan di tingkat Kebupaten saja namun mulai dilaksanakan di tingkat Kecamatan.

“Anak-anak kita harus disibukkan dengan membaca, bukan hanya sekedar memainkan gawai atau hp. Sehingga pergaulan dan interaksi sosial mereka juga berkembang,” pinta Khairil.

Selain itu pula, Khairil meminta agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga menggelar lomba-lomba lainnya seperti Lomba Ngelasak dan Begalor. Sehingga Lomba akan lebih meriah sekaligus melestarikan adat budaya Belitong.

(*/RH).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *