Langkah Nyata Menuju Net Zero Emmisions: PT. MBE Gandeng KBO-BABEL dalam Pemanfaatan Limbah Pelepah Sawit

Pangkalpinang, suara rakyat Nusantara.com – Ditengah sorotan internasional terhadap perubahan iklim dan pemanasan global, langkah-langkah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca menjadi semakin penting. Untuk mengatasi tantangan ini, PT. Mentari Biru Energi (PT. MBE) dan Kantor Berita Online Babel Bangka Belitung (KBO-BABEL) telah menjalin kemitraan yang menggembirakan. Senin (29/4/2024)

Kunjungan Ir. Widi Pancono, Direktur PT. MBE dan Ketua Umum Koperasi Energi Terbarukan (KOPETINDO) Babel, ke KBO-BABEL pada Senin, 29 April 2024, menandai awal dari sinergi yang menjanjikan.

Kerjasama ini membawa kabar baik bagi lingkungan dan masyarakat setempat, dengan fokus pada pemanfaatan limbah pelepah pohon sawit sebagai bahan baku untuk bio massa.

Pabrik Wood Chip yang berlokasi di Desa Air Durin Bangka akan menjadi pusat kegiatan ini, menandai langkah penting dalam mendukung program internasional Net Zero Emmisions (NZE).

Dalam pertemuan di kantor KBO-BABEL, Ir. Widi Pancono menjelaskan bahwa investasi yang dilakukan oleh PT. MBE tidak hanya akan menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memberikan peluang bagi petani sawit lokal dan perusahaan-perusahaan sawit di Bangka untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan memanfaatkan limbah pelepah sawit yang sebelumnya diabaikan.

Hal ini membawa dampak positif tidak hanya secara ekonomi, tetapi juga dalam upaya pencegahan perubahan iklim.

Kemitraan antara PT. MBE dan KBO-BABEL juga menandai langkah strategis Yayasan Media Bangka Belitung Bersatu (YMBBB), yang menaungi KBO-BABEL, dalam berperan serta sebagai mitra KOPETINDO dalam pelaksanaan investasi nyata.

Tanda-tangan perjanjian kerjasama antara KOPETINDO, YMBBB, dan PT. MBE pada tanggal 21 Maret 2024 menjadi titik awal dari kolaborasi yang bertujuan untuk memanfaatkan pelepah sawit sebagai energi terbarukan.

Dengan adanya kemitraan ini, diharapkan bahwa Bangka Belitung akan menjadi model bagi daerah lain dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan penggunaan energi terbarukan.

Sinergi antara sektor swasta, lembaga media, dan masyarakat merupakan contoh nyata dari upaya bersama untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan ekonomi lokal.

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, langkah-langkah kolaboratif seperti ini adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama.

PT. MBE dan KBO-BABEL telah menetapkan landasan yang kokoh untuk kolaborasi yang berkelanjutan dalam mengatasi tantangan global ini. Semoga langkah-langkah ini akan menginspirasi lebih banyak pihak untuk bergabung dalam upaya melindungi planet kita bersama-sama.

(Red/KBO Babel)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *