Regsosek Kabupaten Beltim Sukses

(97,86 Persen Target Terdata)

Manggar, Suararakyatnusantara.com – Pelaksanaan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 telah usai pada Senin, 14 November 2022 kemarin. Badan Pusat Statistik Kabupaten Belitung Timur menyatakan pelaksanaan pendataan awal regsosek berhasil dan sukses.

Pada pelaksanan pendataan awal Regsosek dari 15 Oktober – 14 November 2022, dari update data aplikasi pantau status progres (Paspor) Regsosek per 15 November 2022, BPS Kabupaten Beltim telah mendata 97,86 persen Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak 43.024 KK dari total target 43.965 KK.

Kepala BPS Kabupaten Beltim Azhar menyatakan capain jumlah KK tersebut bisa saja bertambah mengingat beberapa kecamatan belum selesai melakukan pemutakhiran data. Ada pun Kecamatan yang telah selesai 100 persen yakni Kecamatan Dendang, Simpang Pesak dan Damar.

“Sisanya 2,14 persen kemungkinan ada yang on proses yang belum masuk ke aplikasi Paspor Regsosek kita. Mudah-mudahan begitu semua telah selesai diinput atau diupload kita bisa mencapai 100 persen,” kata Azhar saat ditemui Diskominfo Beltim di Ruang kerjanya, Selasa (15/11/22).

Azhar mengakui Kabupaten Beltim merupakan salah satu daerah yang sulit, mengingat luasnya wilayah dan banyaknya pulau-pulau kecil yang harus dikunjungi. Namun berkat perencanaan yang baik dan tim yang solid semuanya bisa berjalan dengan sukses. 

“Memang ada beberapa KK yang awalnya menolak juga untuk didata, namun kita turun langsung melakukan pendekatan. Alhamdulillah semua sukses, kalau pun ada satu atau dua keluarga yang belum bisa dikunjungi lantaran sedang berada di luar daerah dan harus menunggu kedatangan mereka kembali ke Kabupaten Beltim,” ungkap Azhar.

Azhar yang didampingi Koordinator Tim Pendataan Apri Astiningsih, Koordinator Tim Administrasi M.Syafiudin dan Koordinator Tim Publisitas Regsosek 2022 Agus Prianto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Beltim maupun masyarakat di Kabupaten Beltim yang sudah memberikan dukungan dan mensukseskan pendataan awal Regsosek.

“Kita sudah diberikan dukungan baik dari Bupati, Wakil Bupati, Forkompimda serta Pemkab secara keseluruhan yang sudah memasang spanduk serta baleho dukungan di berbagai tempat. Masyarakat Beltim juga sudah menyambut kita dengan baik, kita sangat berterima kasih,” ucap Azhar.

Selanjutnya setelah usai pendataan awal Regsosek ini BPS Beltim akan segera mengolah data Regsosek. Pengolahan Cepat ini diperkirakan akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

“Kebetulan kita sedang melatih petugas untuk melakukan pengolahan pada wilayah yang menjadi sampel pengujian PMT atau permodelan untuk menentukan pemeringkatan keluarga yakni sebanyak 266 RT, untuk pengolahan sisanya akan diselesaikan pada 2023 mendatang. Hasilnya akan kita serahkan ke Bappenas dan BPS Pusat,” ujar Azhar. @2!

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.