Hari Pahlawan 10 November, Letkol inf Hairil Achmad : Momentum Mengenang Jasa – Jasa Para Pahlawan

Belitung, suararakyatnusantara.com –Komandan Kodim (Dandim) 0414 Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad mengatakan, peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

“Tujuan peringatan ini, kita ingin mengenang jasa para pahlawan. Kegiatan tidak hanya di Surabaya yang menjadi tempat pertempuran 10 November, tapi di seluruh nusantara memperingati hari pahlawan dengan ziarah ke taman makam pahlawan dan tabur bunga ke laut,” kata Letkol Inf Hairil Achmad kepada Suararakyatnusantara.com, Kamis (10/11/2022).

“Kegiatan memperingati hari pahlawan dilaksanakan dibeberapa titik kabupaten Belitung Dan Belitung timur”.

Menurutnya, kegiatan peringatan hari pahlawan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Tumbang Ganti Tanjungpandan dan tabur bunga ke laut memberikan kenangan tentang jasa-jasa para pahlawan yang sudah mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) dari penjajah dengan megorbankan nyawa.

Berdasarkan sejarah, pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran antara pasukan Indonesia dengan pasukan Sekutu setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Ini merupakan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme dan Imperialisme.

Usai pertempuran ini, dukungan rakyat Indonesia dan dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia semakin kuat. 10 November diperingati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan di Indonesia.

“Pesan kepada setiap anggota, tetap menjaga keutuhan NKRI jangan sampai sejengkal tanah pun ada yang merebut apalagi dari orang-orang atau negara lain yang ingin menguasai Indonesia. Kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang berada di wilayah tropis dimana tanahnya cukup produktif, baik kesuburan maupun kekayaan alam yang ada di perut bumi,” kata Letkol Inf Hairil Achmad.

Ia berpesan, generasi muda agar dapat memberikan warna tersendiri terhadap kemajuan Indonesia, sehingga generasi saat ini yang sedang menjabat di pemerintahan maupun di TNI/Polri dapat digantikan dengan generasi muda yang memiliki potensi, kemampuan serta wawasan yang lebih luas.( Irf).

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.