Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 94, PT TIMAH Tbk Ikut Melestarikan Lomba Dayung Rakit di Desa Mempaya
*Diikuti Ratusan Pemuda dan Pemudi

BELITUNG TIMUR,Suararakyatnusantara.com – Menyemarakkan peringatan hari sumpah pemuda ke 94 tahun 2022 yang jatuh pada 28 Oktober 2022, PT TIMAH Tbk ikut mendukung lomba dayung rakit bambu di Desa Mempaya, Kecamatan Damar Belitung Timur, Kamis (27/10/2022)

Desa Mampaya mengadakan lomba dayung rakit bambu dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 yang dilaksanakan di Embung Mempayak.

“Semoga menjadi momentum persatuan pemuda pemudi Desa Mempaya untuk membangun Desa,” kata kepala Desa Mempaya Yulidarta.

Pria yang kerap disapa Darta ini mengatakan, lomba ini sangat diminati masyarakat. Lomba dayung rakit ini dilaksanakan dalam dua kelas yakni putra dan putri dengan jumlah peserta sekitar 100 pasang.

“Kegiatan lomba ini kedepannya kita agendakan setiap tahun memperingati hari sumpah pemuda atau memperingati HUT RI,” tegasnya.

Menurut Darta, kegiatan ini didukung penuh oleh PT TIMAH Tbk sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah usulan yang kami ajukan ke PT TIMAH Tbk mendapatkan respon yang sangat baik sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan ini,” jelasnya.

Ia berharap, PT TIMAH Tbk terus mendukung kegiatan pelestarian kearifan lokal yang dapat menjadi daya tarik wisata.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung kegiatan ini terutama dari PT TIMAH Tbk sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan ini dan kedepannya bisa menjadi kegiatan wisata masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Plt Camat Damar Arief Firmansyah mengatakan, lomba rakit di Desa Mempaya merupakan agenda rutin yang biasanya dilaksanakan di Desa Mempaya setiap tahun.

Akan tetapi, sejak danau Mempaya dilakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur setelah musibah tahun 2017, kegiatan rutin itu sempat berhenti diselenggarakan.

“Tahun ini, Alhamdulillah lomba rakit kembali diselenggarakan, namun dengan moment yang berbeda yaitu dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda tahun 2022,” kata Arief.

Menurut Arief, kegiatan itu diinisiasi oleh karang taruna desa Mempaya bersama Pemerintahan Desa Mempaya.

Ia memaparkan, lomba rakit merupakan salah satu kazanah budaya yang ada di Damar dan Desa Mempaya. Sebab secara filosofis selain merupakan bentuk olahraga juga merupakan bentuk kekompakan dan gotong royong masyarakat yang menjadi ciri masyarakat Damar.

Oleh karena itu, ia selaku Plt Camat Damar mengapresiasi dukungan PT TIMAH Tbk sehingga kegiatan lomba rakit di Desa Mempaya dapat terlaksana.

“Dengan adanya dukungan PT TIMAH Tbk, berarti PT TIMAH Tbk juga mendukung dalam melestarikan budaya di Desa Mempaya Kecamatan Damar,” tandasnya. (red)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.