Alat Ukur Pedagang Pasar Manggar Mulai Ditera

Manggar,Suararakyatnusantara.com–  Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP)  Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan sidang tera atau tera ulang timbangan dan alat ukur lainnya milik pedagang pasar Lipat Kajang Manggar, Jumat (14/10).

Bupati Beltim Burhanudin yang meninjau pelaksanaan sidang tera atau tera ulang tersebut memastikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan agar Alat Ukur, Takar, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP) milik pedagang pasar se Kabupaten Beltim berfungsi dengan baik.

“Pemerintah memastikan bahwa masyarakat mendapatkan timbangan dengan timbangan yang betul dan pelayanan yang baik. Untuk itulah pemda memberikan jaminan dengan melakukan tera ulang,” kata Aan panggilan akrab Burhanudin.

Aan juga menambahkan tera dan tera ulang terhadap UTTP berperan penting dalam usaha perlindungan konsumen. Akurasi UTTP sebagai alat ukur barang yang diperdagangkan diperlukan agar masing-masing pihak memperoleh perlindungan yang setara.

Disisi lain, Liatim selaku Kepala DPMPTSPP  Kabupaten  Beltim mengatakan sidang tera dan tera ulang merupakan kegiatan tahunan dengan sasaran pedagang pasar se-Kabupaten Beltim yang menggunakan alat ukur atau timbangan dalam aktifitas jual beli di pasar.

“Tera dan tera ulang alat UTTP harus dilakukan berkala, dimana setiap alat ukur yang telah dilakukan tera ulang akan diberikan segel dan stiker khusus sebagai bukti telah ditera ulang. Tera massal ini tiap tahun kita lakukan tapi tera rutin tiap hari dibuka. Jadi, siapa saja yang minta (tera) silahkan datang ke kantor atau kita yang datangi,” kata Liatim.

Menurut Liatim, kegiatan tera dan tera ulang dilakukan untuk memberikan jaminan kebenaran pada pengukuran sekaligus perlindungan bagi konsumen. Untuk itu, ia menghimbau agar para pedagang dapat rutin melakukan tera dan tera ulang.

“Kami mengimbau kepada para pedagang untuk melakukan tera dan tera ulang sehingga menjamin kepercayaan dan transaksi dalam perdagangan,” ujar Liatim

Adapun kegiatan tera atau tera ulang di Pasar Lipat Kajang Manggar dilakukan mulai 14-16 Oktober 2022. Selama sidang tera atau tera ulang, petugas tidak hanya mengecek kondisi timbangan tapi langsung melakukan perbaikan terhadap timbangan yang rusak. (ver) (red)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.