FORKI Beltim Sabet Juara Umum 2 FORKI CUP V Babel

Beltim,suararakyatnusantara.com – Kontingen FORKI (Federasi Olahraga Karate-do Indonesia) Belitung Timur (Beltim) sukses menyabet Juara Umum dua Kejuaraan Karate FORKI CUP V Terbuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 pra usia dini-senior.

Kejuaraan yang diselenggarakan di Pangkal Pinang 12 hingga 14 Agustus 2022 ini diikuti oleh 700 atlet karate dari 18 kontingen FORKI Kabupaten/Kota dan Pengurus Daerah Perguruan Karate serta Klub Karate di-Provinsi Kepulauan Babel.

Ketua Umum Forki Beltim Adlan Taufik menyampaikan rasa syukur dan memberikan apresiasinya atas hasil yang diraih oleh kontingen Forki Beltim pada ajang tersebut.

“Alhamdulillah atas kerja keras atlet, tim pelatih dan pengurus, kita berhasil meraih Juara Umum 2 dengan raihan medali yaitu 10 emas, 17 perak, 22 perunggu, total 49 medali,” ungkap Taufik saat dihubungi melalui telepon.

Taufik menjelaskan, kejuaraan ini merupakan tolak ukur prestasi atlet karate Beltim dalam menghadapi berbagai event karate kedepannya serta sebagai hasil dari Training Center (TC) yang selama ini diikuti oleh para atlet karate Forki Beltim.

“Pada kejuaraan ini selain seleksi Tim Forki Provinsi Kepulauan Babel dalam mengikuti Kejurnas PB Forki di Padang-Sumatera Barat Oktober 2022 nanti, juga sebagai ajang uji coba atlet karate Beltim dalam menghadapi PORPROV VI Babel di Bangka Barat 2023 nanti,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Forki Beltim Yoesrizal Mardiansyah. Ia mengatakan prestasi yang diraih saat ini harus menjadi bahan evaluasi dalam menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) 2023.

“Ini sebagai evaluasi atlet kita, jadi kita pantau satu-persatu atlet mulai dari hasil sampai strategi apa yang akan dipakai dalam Porprov nanti,” kata Didit sapaan akrabnya.

Menurutnya hasil evaluasi tersebut akan segera dilakukan mengingat FORKI Beltim menargetkan hasil yang maksimal pada kejuaraan Porprov yang akan diselenggarakan di Bangka Barat nanti.

“Setelah kejuaraan ini kita pulang ke Beltim rest dua hari, kita lanjut TC lagi. Mudah-mudahan dari hasil ini, kita bisa berbicara banyak dalam Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VI Bangka Belitung tahun 2023, khususnya cabang olahraga Karate,” tuturnya.

Turunkan 35 Atlet Unggulan

Sekretaris Umum Forki Beltim selaku Manajer Tim Kontingen Syukur Maulana mengungkapkan Forki Beltim mengirimkan total 39 orang saat mengikuti Kejuaraan Daerah FORKI Cup V 2022. Kontingen terdiri dari 35 orang atlet, tiga pelatih dan satu oficial.

Maulana mengatakan dalam kejuaraan yang memperebutkan total 87 medali emas, 87 perak dan 174 perunggu tersebut kontingen, FORKI Beltim mengikuti 45 kelas dari 87 kelas yang dipertandingkan.

Maulana menekankan pencapaian di kejuaraan kali ini berhasil melebihi target yang semula direncanakan. Sebelumnya FORKI Beltim hanya menargetkan 5 emas.

“Total atlet kita yang ikut ada 35 orang, 17 orang proyeksi tim Porprov Beltim, sisanya anak-anak junior ke bawah. Semuanya bermain lepas tanpa beban sehingga capaian luar biasa melebihi target yang telah kita buat,” ujar Lana.

Mengingat keterbatasan anggaran pada FORKI Beltim, Dia berharap adanya bantuan tambahan untuk beberapa kegiatan menjelang kejuaraan maupun pada pembiayaan keberangkatan kontingen pada event-event kejuaraan selanjutnya.

“Porprov sudah dekat dan atlet Beltim membutuhkan uji tanding atau try out yang banyak agar dapat maksimal. Saya berharap ke depan akan ada “Bapak angkat” yang dapat membantu tim karate Beltim dalam mengikuti event-event kejuaraan lainnya,” tutup Lana.

Adapun susunan unsur pelatih yang mendampingi kontingen Forki Beltim pada kejuaraan ini yaitu Sensei Didit sebagai Pelatih Kepala beserta Anggota Pelatih yakni sensei Arum dan Senpai Maulana. (Ln)(rls)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.