Rumah BUMN Wadah Para Penggiat UMKM Belitung

Belitung, Suararakyatnusantara.com – Belitung merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Geliat pariwisata di Belitung memberikan semangat baru bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang ada di Pulau Belitung.
Beragam makanan khas Negeri Laskar Pelangi ini diolah para pelaku UMKM untuk menjadi santapan kuliner bagi wisatawan.(10/8/2022)

Tak hanya kuliner, berbagai varian produk khas Belitung seperti halnya batik, kerajinan, souvenir dan lainnya terus dikembangkan untuk menjadi oleh-oleh bagi wisatawan ketika datang ke Negeri Laskar Pelangi.

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Belitung tentunya tak melewatkan untuk mencari oleh-oleh atau pun mencicipi berbagai kuliner serta mengoleksi cinderamata dari Pulau Belitung.

Bagi wisatawan yang ingin berbelanja berbagai produk UMKM dengan nyaman dan lengkap, Rumah BUMN di Tanjungpandan bisa menjadi pilihan.

Rumah BUMN terletak pada sebelah Masjid Al Ihram. Tak jauh dari pintu masuk objek wisata Pantai Tanjung Pendam, persisnya di depan Rumah Tuan Kuase yang berada di Jalan Kemuning, Kelurahan Parit, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Puluhan UMKM ikut serta memasarkan produknya di Rumah BUMN. Mereka atau para pelaku UMKM ini merupakan mitra binaan para BUMN yang ada di Belitung.
Mitra-mitra binaan BUMN ini di antaranya Batik Sepiak, Batik Simpur, Batik Hadinoto, Sambelingkung, Minyak Serai, oleh-oleh Durio, Purun Eco Straw, Allisa Souvenir, kerajinan anyaman lais dan beragam produk UMKM lainnya.

Sebagaimana diketahui, Rumah BUMN merupakan upaya para perusahaan BUMN yang ada di Pulau Belitung seperti PT Timah Tbk, Bank BRI, Angkasa Pura, Pos Indonesia, PLN dan PT. Telkom Indonesia untuk memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka.

Ratusan lebih produk UMKM dipasarkan di Rumah BUMN Tanjungpandan ini, seperti eco straw, kerajinan boneka, aksesoris dari kerajinan lais seperti tas, dompet, gantungan kunci, boneka bujang dayang, tote bag, tenun daun simpor dan beragam aksesoris lainnya.

Pengiat UMKM menambahkan bahwasanya sangat berterimakasih dan semoga kedepan PT.Timah Beserta BUMN lainnya, akan menyediakan dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk menghidupkan kembali roda perekonomian khususnya di Kabupaten Belitung pasca Lockdown akibat wabah Corona yang melanda seluruh dunia,Ujar Wn.

Bupati Belitung dikediaman pribadi jalan Hasan Saie mengatakan bahwasanya kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Belitung dan BUMN sangat baik selalu bergandengan untuk membangun Negeri “Kalau ada Event-Event yang sifatnya untuk Lokal atau Nasional kami selalu mengajak PT.Timah dan lainnya,”Ujar Sahani Saleh.(ir)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.