50 Dewan Hakim MTQH Ikuti Pelatihan dan Pembinaan

Beltim, Suararakyatnusantara.com – Sebanyak 50 orang mengikuti Pelatihan Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) di Hotel Guest Manggar, Selasa (02/08/2022).

50 orang tersebut terdiri dari 33 orang Dewan Hakim dan 17 orang Calon Dewan Hakim yang berasal dari seluruh Kecamatan di Beltim serta akan memperoleh materi untuk cabang Tilawah dan cabang Tahfidz.

Dalam sambutan Bupati Beltim, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Beltim Sayono mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk komitmen serius dari LPTQH sendiri dalam melakukan pembinaan para Dewan Hakim guna meningkatkan prestasi Qori/Qoriah Beltim baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Dewan Hakim ini kan sebagai pembina dari Qori-Qoriah. Mudah-mudahan dibekali ilmu yang banyak dan pemahaman yang baik untuk segi cabang-cabang yang diperlombakan ke depannya. Paling tidak kita sudah antisipasi untuk dapat tampil yang lebih baik nanti,” ujar Sayon.

Menurutnya, kegiatan ini dapat memotivasi para Dewan Hakim se-Kabupaten Beltim yang  merupakan Pembina MTQH di Kecamatan masing-masing untuk lebih memahami teknis pelaksanaan dan penjurian MTQH mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

“Ini tidak bisa putus disini saja, ke depan kita mengharapkan lebih banyak inovasi yang dapat dilakukan oleh kawan-kawan LPTQ supaya keberadaan LPTQ dapat mengawal penyelenggaraan MTQH ataupun STQH itu terselenggara dengan baik,” ucap Sayon.

Lebih lanjut ia berharap, LPTQH semakin mampu untuk meningkatkan dan memaksimalkan kiprahnya dalam membantu program Pemda dalam melakukan pembinaan para Qori/Qoriah serta tidak kalah pentingnya membantu Pemda dalam mengentaskan buta aksara Al-Quran di Beltim.

“Yang penting bagaimana kita menciptakan orang-orang di Beltim ini supaya berakhlakul karimah, salah satunya dengan memahami dan bisa melaksanakan apa yang terkandung di dalam kitab sucinya, sehingga insyaallah hidup ini jadi aman, damai tidak ada banyak masalah, kalaupun ada persoalan bisa diselesaikan dengan baik-baik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Beltim Asari menjelaskan, pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan Dewan Hakim dalam menghadapi event MTQH Tingkat Kabupaten Beltim yang akan datang.

“Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 2 dan 3 Agustus 2022. Setelah ini diimplementasikan tanggal 28-31 Agustus 2022 pada kegiatan MTQH Tingkat Kabupaten Beltim,” kata As’ari.

Dengan semakin profesional dan meningkatnya kemampuan dewan hakim, Asari meyakini pelaksanaan MTQH akan semakin sportif. Dan tentunya akan menghadirkan generasi Beltim yang akan berprestasi hingga tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan adanya kegiatan pembinaan dewan hakim ini akan menambah wawasan kepada yang 50 tersebut sehingga penilaian bisa lebih optimal dan secara objektif, sehingga tidak ada kesan pilih kasih di dalam penilaian peserta itu sendiri. Yang penting supaya dewan hakim ini profesional di dalam bidangnya,” tutupnya (Ln)(red)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.