Pemkab Beltim Hibahkan Lahan untuk KPU

Manggar, suararakyatnusantara.com – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Beltim menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) berupa aset tanah, di ruang kerja Bupati Beltim, Kamis (02/06/2022).

Bupati Beltim Burhanudin mengatakan, dengan ditandatanganinya NPHD, Pemkab Beltim sudah menyelesaikan tanggung jawab untuk menyerahkan aset pada KPUD Beltim.

“Sudah kita selesaikan tanggung jawab kita untuk menyerahkan aset pada KPUD Beltim yang ada di belakang Kantor Kemenag (Beltim). Ini sudah lama, sudah 20 tahun lebih, seharusnya KPU sudah diberikan perhatian serius sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu,” tutur Pria yang akrab disapa Aan.

Ia menjelaskan, meski sudah menghibahkan lahan, untuk pembangunan kantor KPU masih harus menunggu kemampuan keuangan daerah untuk pelaksanaan hibah kembali.

“Sementara diserahkan dulu asetnya, perantara sudah ada tinggal menunggu kemampuan keuangan daerah saja untuk menghibahkan kembali kepada KPU,” ujar Aan.

Sementara itu, Ketua KPUD Beltim Rizal, menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Beltim. Ia mengatakan ini adalah langkah awal akan dibangunnya gedung permanen untuk KPU di Wilayah Beltim.

“Atas nama KPU kami ucapkan banyak terima kasih. Ini adalah bentuk perhatian yang luar biasa dari pemda Kabupaten Beltim khususnya dari Pak Burhanudin, Bupati Beltim periode 2021-2025 ini yang sudah menghibahkan aset berupa tanah untuk pembangunan kantor dan gudang logistik KPU Beltim,” ucap Rizal.

Dikatakan Rizal, Surat Keputusan Bupati Beltim tentang penunjukkan lokasi untuk kantor dan gedung logistik KPU sudah muncul sejak Tahun 2005. Menurutnya ini merupakan terobosan bagi KPU Beltim karena nantinya bisa memiliki tanah dan gedung secara mandiri.

“Dulu 15 tahun di bukit samak tanpa kejelasan aset. Kemaren tahun 2017 kami dipinjampakaikan, dan alhamdulillaah di masa kepemimpinan dari tahun 2018-2023 hal ini (hibah) terwujud,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Pembangunan kantor sudah pernah direncanakan. Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan kantor KPU pun sudah keluar beberapa tahun yang lalu. Dirinya berharap Pemda bisa memberikan bantuan untuk hibah pembangunan gedung KPU nantinya.

“Kami perlu bersabar, karena kemampuan keuangan daerah beberapa tahun ini kan tidak bisa melakukan pembangunan-pembangunan fisik. Harapan kita ke depan ketika ini sudah diserahkan ke kami, pemda bisa memberikan bantuan untuk hibah pembangunan gedung KPU,” tutup Rizal.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim, Asisten I dan Asisten II Bupati Beltim, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, BPKPD, Kabag Hukum Setda Kabupaten Beltim,dan Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Beltim. (Ln)(red)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.