Jelang Puasa Ramadhan Dan Idul Fitri, Dit Lantas Polda Babel Gelar Rakor

Prop. Kep. Babel,Suararakyatnusantara.com – Jelang Bulan Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Polda Kep. Bangka Belitung melalui Direktorat Lalu Lintas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Kamis (31/3/22).

Rakor yang digelar di Gedung Aula Sat PJR Presisi Dit Lantas Polda Kep. Bangka Belitung ini melibatkan Dinas Perhubungan dan PUPR Provinsi Kep. Babel, Kota dan kabupaten serta seluruh Kasat Lantas Polres Jajaran Polda Kep. Babel.

Dalam paparannya, Dir Lantas melalui Kasat PJR Polda Kep. Bangka Belitung Kompol Adnan mengatakan bahwa kegiatan Rakor yang dilaksanakan ini dalam rangka menyamakan persepsi seluruh instansi terkait jelang kesiapan kegiatan puasa ramadhan dan hari raya idul fitri untuk tetap mematuhi Prokes guna memciptakan Kamseltimcar yang aman dan bebas dari Covid-19.

Selain itu terkait rencana pelaksana Operasi Ketupat pada tahun 2022 ini, ada beberapa target yang menjadi prioritas seperti memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan mencegah kerumunan massa, mewujudkan kamtibmas yang mantap dan kondusif selama Idul Fitri serta terciptanya kamseltibcar lantas pada jalur arteri dan lokasi wisata.

“Target lain tentunya juga memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan fatalitas korban laka lantas serta lancarnya distribusi baik Logistik maupun BBM.”papar Kompol Adnan.

Lebih lanjut, Kompol Adnan juga menerangkan anev pelaksanaan Operasi Ketupat yang dilaksanakan pada Tahun 2021 lalu terutama mengenai kasus kecelakaan lalu lintas.

Dari perbandingan, lanjut Kompol Adnan menjelaskan kecelakaan ditahun 2020 dan 2021 mengalami penurunan seperti laka lantas maupun pelanggarannya sendiri.

“Dari data, perbandingan kasus laka lantas ditahun 2020 dan 2021 mengalami penurunan. Dan untuk lainnya yakni Tilang mengalami kenaikan sebanyak 2,1 persen.”jelasnya.

Kompol Adnan juga menyampaikan beberapa rekomendasi dalam pelaksanaan Operasi Ketupat mendatang mulai dari mapping kondisi jalan dan rambu-rambu pendukung, mapping daerah yang rawan pelanggaran, macet dan kecelakaan serta menempatkan personil gabungan pada lokasi yang dianggap rawan.

Selain itu, mengoptimalkan personil dan sarpras dalam melaksanakan pelayanan dan pengamanan serta melaksanakan managemen media atau himbauan sosialisasi menggunakan media sosial agar masyarakat tetap patuh peraturan lalu lintas dan Prokes Covid-19.

“Sesuai dengan arahan pimpinan kita, Operasi Ketupat merupakan Operasi Kemanuasiaan yang mendukung kegiatan masyarakat dalam melaksanakan giat keagamaan, mudik atau balik kembalinya maupun berpariwisata agar didalam berlalu lintas aman, selamat, tertib dan lancar.”tutupnya.(bid. humas Polda Kep. Babel)(red)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.