Wabup Minta Logistik Pilkades Dikawal Ketat

Manggar, suararakyatnusantara.com- Wakil BupatiBelitung Timur (Beltim) Khairil Anwar meminta agar logistik Pemilihan Kepala Desa (pilkades)  yang telah diserahkan, mendapatkan penjagaan yang ketat hingga waktu pelaksanaan Pilkades 30 Maret mendatang.

“Hal ini sangat penting dilakukan guna menghindari dan mengantisipasi terjadinya praktik penyalahgunaan logistik Pilkades oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Khairil Anwar saat menghadiri  serah terima logistik dan dokumen pemungutan suara serta logistik protokol kesehatan pencegahan covid-19 pilkades serentak Kabupaten Beltim Tahun 2022 di Gedung Auditorium Zahari Mz, Selasa (22/3).

Khairil Anwar menjelaskan pelaksanaan pilkades pada 30 Maret 2022 mendatang dilaksanakan di tengah suasana pandemi Covid-19 sehingga pada pelaksanaan tiap tahapan Pilkades diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat termasuk dalam proses pendistribusian logistik.

“Saya selaku Pimpinan Daerah minta kepada seluruh sektor yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades serentak, agar pelaksanaan pendistribusian logistik  dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Khairil Anwar.

          Adapun logistik dan dokumen suara dan logistik prokes pencegahan covid-19 pilkades serentak untuk 18 desa di Kabupaten Beltim berupa kotak suara, surat suara, bilik suara, surat suara tambahan, formulir model C1, formulir rekapitulasi desa, segel gembok, segel kotak suara, stiker nomor kotak suara, tinta celup, busa coblos, paku coblos, washtafel, masker, sarung tangan steril dan thermogun.

Kabag Ops Polres Beltim Kompol Robby Ansyari yang juga selaku koordinator pengamanan dan pengawalan logistik surat suara pilkades serentak Kabupaten Beltim mengungkapkan pihaknya tetap melaksanakan pengamanan dan pengawalan logistik pilkades di 18 Desa yang melaksanakan pilkades.

“Kita lakukan pengamanan dan pengawalan logistik supaya pilkades berjalan aman, tertib dan lancar. Kami harap seluruh masyarakat desa yang melaksanakan pilkades dapat saling menjaga ketertiban keamanan selama pilkades berlangsung,” kata Kompol Robby.

Sementara itu, Melta selaku Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa DSPMD Kabupaten Beltim berharap tahapan pilkades di Kabupaten Beltim dapat berjalan aman dan lancar.

Untuk mekanisme pendistribusian logistik pilkades yakni setelah pendistribusian logistik Selasa (22/3), lalu surat suara yang sudah dilipat petugas yang ditunjuk panlih desa kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara lalu kotak suara dikunci dan diberi

segel pada gembok, lubang kotak suara serta ditempel stiker data TPS hingga nanti pelaksanaan pendistribusian logistik ke TPS masing-masing.

“Semua proses tersebut mendapat pengamanan dan pengawasan babinsa, babinkamtibmas dan linmas desa masing-masing,” kata Melta. (red)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.