PPI Belitung Gelar Lomba Essay & Video Kreatif, Ini Nama- Nama Pemenangnya!

Belitung, Suararakyatnusantara. Com– Lomba Menulis Essay dan Video Kreatif dalam rangka HUT PPI Ke – 32 yang dilaksanakan oleh Pengurus Kabupaten Purna Paskibraka Indonesia (PPI) secara resmi ditutup oleh Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung.

Dalam Acara penutupan yang dilaksanakan di Hotel Bw Inn Tanjungpandan Kamis (13/1/2022), Pengurus Kabupaten PPI Belitung memberikan penghargaan bagi pemenang lomba yang digelar bagi tingkat pelajar SMA / Sederajat Se Kabupaten Belitung dan Belitung Timur ini.

Acara ini dihadiri langsung oleh perwakilan pemenang lomba, Tim Juri dari Pos Belitung, Pengurus Kabupaten PPI Belitung dan Kasenkom Lanud H.AS Hanandjoedin yang merupakan Anggota PPI Tahun 2006.

Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung Yovie Agustian Putra didampingi Wakil Ketua Rezky Triosaputra, SH menjelaskan, tema yang diangkat dalam lomba ini adalah Lonjakan harga timah ditengah pandemi covid – 19.

” Kita memberikan ruang kepada para pelajar untuk menyuarakan aspirasi sebagai wujud kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitarnya. Kita ingin melihat dari sudut pandang pelajar tingkat SMA karena penilian utama dari Lomba ini adalah masukan / Solusi / Saran bukan hanya kritikan, Untuk penilaian karya dilakukan oleh Tim Juri yang terdiri dari 3 orang Jurnalis Pos Belitung,” ujarnya.

“Sehingga untuk hasil penilaian lebih Objective dan kami sebagai pelaksana hanya menyerahkan karya yang dikumpulkan setelah itu menerima hasil penjurian. berbagai Gerakan dari Gerakan Pemuda, Para Aktivis telah menyuarakan pandangan mereka dengan maraknya tambang liar ilegal di Pulau Belitung, lomba ini sengaja kita memberikan kesempatan kepada para pelajar apa yang ingin mereka suarakan. Selanjutnya hasil karya para pemenang akan kami sampaikan melalui surat resmi kepada Bupati Belitung dan Belitung Timur,” jelasnya.

Adapun pemenang lomba yang hadir dalam penyerahan hadiah adalah Cheiza Xaviera Asal Sekolah SMA Negeri 1 Gantung (Juara 1 Essay), Rasyalina Agiska (SMA Negeri 1 Manggar), Ayesha Zhafira Maulana (SMK Negeri 3 Tanjungpandan) dan Anugrah Pratama (Video Kreatif Terbaik).

Saat ditemui Media, Juara 1 Lomba Essay Cheiza Xaviera menceritakan perasaannya sangat senang setelah memenangkan lomba. Dirinya menceritakan belajar cara menulis dari sang Ayah termasuk dalam lomba inipun dia banyak mendapatkan masukan – masukan dari sang ayah. Ia mengaku kedua orang tuanya juga ikut senang melihatnya memenangkan perlombaan.

“Inspirasi menulis yakni berasal dari saya sendiri saat melihat kondisi tambang timah ilegal saat ini sudah sangat memprihatinkan, bahkan sudah merambah hingga ke pemukiman penduduk,” terangnya.

Dalam tulisannya gadis yang akrab disapa Sasa ini menuangkan idenya dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Selain itu pembangunan pariwisata yang tidak hanya mengandalkan keindahan alam saja. Harus ada terobosan seperti memberikan ruang pentas kreasi bagi sanggar – sanggar budaya untuk pentas kesenian dan keuanikan daerah di tempat publik dan terjadwal secara rutin. Banyaknya wisatawan dan lama berkunjung wisatawan menjadikan sektor Pariwisata berpotensi menjadi sumber PAD.

“Saya hanya berharap, alam Belitung yang indah dengan pariwisata ini tetap terjaga untuk generasi kami selanjutnya. Jika Hutan rusak, DAS tercemar, keributan dan konflik terjadi di masyarakat, ini menjadi warisan yang sangat menyedihkan bagi kami sebagai generasi penerus,” tutupnya. (*)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.