Ikut Refleksi Akhir Tahun Menkumham, Kalapas Apresiasi Capaian Jajaran Selama Tahun 2021

Belitung, Suararakyatnusantara. Com– Jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel mengikuti kegiatan refleksi akhir Tahun 2021 yang digelar Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Rabu (29/12).

Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka mereview dan mengevaluasi terhadap capaian kinerja, pelaksanaan tugas,fungsi serta problematika yang dihadapi Kemenkumham RI sepanjang tahun 2021.

Berpusat di Graha Pengayoman,Jakarta, kegiatan dilaksanakan dan diikuti seluruh satker dibawah naungan Kemenkumam RI secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan refleksi akhir tahun 2021 tersebut diawali dengan penayangan video yang memuat sejumlah capaian program Kementerian Hukum dan HAM dalam satu tahun terakhir.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yassona H Laoly, dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap sederet prestasi yang dicapai pada tahun 2021, serta menyampaikan bahwa Kemenkumham telah banyak melakukan transformasi digital ke semua lini layanan publik dan administrasi perkantoran sebagai solusi di tengah kondisi yang penuh dengan tantangan akibat pandemi Covid-19.

“Era pandemi ini memaksa kita untuk bekerja dan berpikir “extra ordinary” dengan menerapkan pembiasaan baru yaitu pola kerja new normal. Saya menyadari sepenuhnya, bahwa masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki,”katanya.

Dijelaskan Yassona, kekurangan yang perlu diperbaiki adalah perbaikan sistem dan pembaruan prosedur yang harus terus menerus diupdate dan diawasi, tujuannya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak bisa diprediksi.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH MH kepada Media menyampaikan selama tahun 2021 Jajarannya telah berupaya dengan optimal untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.

“Upaya dan kerja keras Tim sejak awal Tahun dalam upaya Pengejeran Pelarian WBP dan tertangkap dalam waktu 2 x 24 Jam, Upaya penanganan Covid – 19 dipertengahan tahun dan Capaian Vaksinasi bagi WBP merupakan kerja keras luar biasa jajaran yang saya apresias,” ujar Kalapas.

Dalam kondisi Pandemi Covid – 19, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan juga melakukan Eksekusi Pelaksanaan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 dan Permenkumham Nomor 24 Tahun 2021 terkait Pelaksanaan Asimilasi Rumah Pandemi Covid – 19 dengan total WBP yang melaksanakan Program Asimilasi tersebut sebanyak 55 Orang.

Penanganan Covid – 19 di Lapas yang terarah, terstruktur dan terencana dengan kemampuan sinergitas yang baik diganjar Penghaargaan secara Khusus oleh Menkumham kepada Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH berdasarkan Keputusan Menkumham Nomor : M.HH-08.KP.08.05 Tahun 2021.

Berbagai pemenuhan peningkatan pelayanan publik di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan telah dilengkapi dengan Fasilitas dari Mulai Toilet Khusus Disabilitas, Ruang Tunggu, Layanan Coffe Corner, Ruang Laktasi.

” Dan Kita telah meluncurkan Inovasi Kater (Loket Layanan Terpadu & Registrasi) serta Manggar (Mobil Antar Keluarga Bahagia Sampai Rumah). Ini kami wuijudkan sebagai komitmen dalam peningkatan pelayanan publik, dan mendapatkan Apresiasi dari Bapak Menkumham Yasonna H Laoly sebagai UPT Berbasis HAM melalui Plakat Penghargaan yang diserahkan pada Peringatan Hari HAM Sedunia,” terangnya.

Dalam keterbukaan Informasi Publik, Kakanwil Kemenkumham Babel mengganjar 2 Penghargaan sekaligus kepada Tim Humas Lapas Kelas IIB Tanjungpandan sebagai UPT Terbaik I Dalam Menjalin Kerjasama dengan Media Massa Lokal dan Nasional, serta Terbaik II dalam Penyelenggaraan Humas Teraktif di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel. Sinergitas yang berhasil dibangun jajaran bersama Rekan – rekan media diharapkan mampu membangun informasi publik dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

“Tak ada Gading yang tak retak, masih banyak yang harus diperbaiki dan perlu peningkatan kearah yang lebih baik. Diawal Tahun kita melaksanakan Janji Kinerja dan diakhir tahun kita harus refleksi sebagai evaluasi dari janji kinerja yang pernah kita ucapkan,” jelasnya.

” Puji Tuhan atas capaian di tahun 2021, saya apresiasi luar biasa kepada seluruh jajaran atas kerja keras dalam membangun serta menjaga nama baik Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Saya Sampaikan Terimakasih dan Apresiasi kepada seluruh Instansi yang telah bersinergi dengan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, capaian ini juga berkat sinergitas bersama jajaran Pemerintah, BUMN maupun Swasta yang terjalin sangat baik hingga saat ini. Mari kita sambut Tahun 2022 dengan penuh suka cita dan semangat baru menuju peningkatan kinerja,” sambungnya. (rls)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.