Pro Kontra Penanaman Kayu Putih di Desa Tanjung Rusa, Begini Kata Kades

Belitung, Suararakyatnusantara. Com- Penanaman kayu putih di Dusun Nyurun, Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung menuai pro dan kontra dikalangan masyarakat.

Pasalnya, beredar foto spanduk yang mengatas namakan masyarakat menolak penanaman pohon kayu putih, dan ada juga foto spanduk yang mendukung penanaman kayu putih

Seperti spanduk penolakan yang bertuliskan

” Masyarakat Menolak Keras Kegiatan Penanaman Kayu Putih Di HKM Belantu Jaye

Sedangkan spanduk yang mendukung bertuliskan

” Kami Masyarakat Desa Tanjung Rusa Mendukung Penuh Kegiatan Penanaman Kayu Putih.

Beredarnya foto spanduk penolakan dan yang mendukung penanaman kayu putih membuat Kepala Desa Tanjung Rusa Agus Hero angkat bicara.

” Sampai saat ini pun sebenarnya itu hanya besar diluar konflik katanya, cuman kalau disini biasa- biasa saja dan akupun (Kepala Desa Tanjung Rusa -red) tidak mendapatkan laporan itu, itu yang pertama. Yang kedua katanya ada tulisan yang menolak dan yang mendukung, mungkin sebagian besar juga kitakan tidak tahu, kemungkinan orang (masyarakat Desa Tanjung Rusa- red) tidak ada yang berkeberatan karena disitu banyak tenaga kerja yang terserap,” ujar Kades kepada Suararakyatnusantara. Com. Senin (21/12/2021).

Menurutnya, terkait permasalahan tersebut adanya penolakan dan mendukung penanaman kayu putih dari masyarakat, Pemerintahan Desa Tanjung Rusa tidak bisa berbuat banyak.

“Jadi pada prinsipnya kami dari pihak desa tidak bisa menyatakan menolak dan tidak bisa menutup atau mengiyakan atau meneruskan karena wewenangnya ada di kementerian,” paparnya.

Menurutnya lagi, dengan adanya penanaman kayu putih di desanya masyarakat ikut terlibat, yang pastinya bisa mengurangi pengangguran.

” Saya berharap jangan ada yang berantem ( bertengkar- red) tanah- tanah negara juga, wewenang- wewenang mereka. Masalah benarnya jalur masuknya, merekalah sendiri yang menyelesaikan antara HKM dengan yang membuat HKM dari kementerian,” kata Kades.

“Harapanku mudah- mudahan mereka saling memahami, dan saling mengetahui dan saling mengerti, apalagi kawan- kawan di HKM Belantu Jaye mereka sangat mengerti dalam hal ini. Tahan emosi masing- masing dan mereka (masyarakat Desa Tanjung Rusa – red) mendapatkan suatu pekerjaan, HKM tidak ada sedikitpun dirugikan,” tambahnya. (Hn)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.