Pastikan Lapas Kondusif Jelang Nataru, Ini Yang Dilakukan Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan

Belitung, Suararakyatnusantara. Com- Libur Natal dan Tahun Baru yang merupakan waktu berkumpul bersama keluarga bukan menjadi alasan bagi jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel untuk tidak meningkatkan kewaspadaan.

Startegi langkah Deteksi Dini terus dilakukan oleh Kalapas untuk meminimalisisr Gangguan Kamtib dan Kepatuhan Internal seluruh jajarannya.

Berbagai kejadian yang sering terjadi seperti Pelarian, Perkelahian dan masuknya barang terlarang terjadi dengan memanfaatkan kelengahan petugas. Inilah menjadi dorongan Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan melakukan langkah Deteksi Dini dengan tindakan cepat, tepat dan terukur. ‘

Berbekal pengalamannya dalam memimpin UPT Pemasyarakatan di Sumatera Utara, Jelang nataru Kalapas sering kali melakukan langkah – langkah deteksi dini secara insidential.

Beberapa waktu lalu, Kalapas memimpin test Urine Narkoba secara acak kepada petugas Lapas dengan hasil seluruh hasil Test menunjukkan hasil negatif, Kontrol Blok Hunian pada malam hari di jam rawan dan melakukan monitoring by phone kepada Ka. KPLP hingga Karupam secara Insidentil.

Upaya pencegahan gangguan kamtib di Blok Hunian, dilakukan Kalapas bersama Tim Satops Patnal dengan menggelar Razia Insidentil di Blok dan Kamar Hunian. Sembari kontrol dan menyapa WBP, Kalapas dan jajaran masuk ke kamar hunian dan melakukan penggeledahan untuk memastikan tidak ada barang berhaya dan terlarang di Blok Hunian.

Disela – sela kegiatan Razia Blok Selasa (21/12/2021) Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan menjelaskan, Langkah – langkah yang dilakukan secara insidentil ini sebagai upaya deteksi dini.

Artinya seluruh petugas harus siap, dan Blok hunian harus dalam keadaan aman dalam situasi apapun tidak hanya jelang Nataru saja.

” kita terus meningkatkan koordinasi baik internal bersama dengan Divisi PAS Kanwil Kemenkumham Babel maupun Eksternal dengan jajaran TNI / Polri. Dari hasil Test urine Petugas, Razia Blok Hunian dan Apel Siaga, kami memastikan Lapas dalam keadaan kondusif dan jajaran dalam kondisi siap untuk melakukan peningkatan pengamanan,” ujarnya

“Jangan lengah, dan terbuai dengan situasi yang tenang, aman yang terjadi selama ini, di Lapas seluruh waktu adalah rawan, jadi tidak ada alasan untuk lengah”, saya sudah instiruksikan kepada Ka. KPLP dan Kasi Adm Kamtib untuk saling bersinergi dalam mewujudkan kondusifitas Lapas yang aman,” tambah Romiwin. (*)

Rilis Media: Kontributor Berita Pemasyarakatan

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.