Dua Anggota Pansus DPRD Babel Kunjungi Rumah Data Kampung KB Desa Juru Seberang

Tanjungpandan, Suararakyatnusantara. Com- Dua anggota pansus pembentukan Raperda Pengendalian Penduduk Pembangunan Keluarga DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eka Budhiarta dan Zarkani mengunjungi rumah data kampung KB Desa Juru Seberang, Tanjung Pandan, Kamis (16/12) pagi.

Kunjungan mereka disambut langsung oleh Kepala Desa Juru Seberang, Darsono didampingi Ketua Tim Penggerak PPK Desa Juru Seberang, Ristin Masdiana beserta anggota kampung KB Desa Juru Seberang.

Kedatangan dua orang anggota pansus DPRD Provinsi Bangka Belitung tersebut dalam rangka menggali informasi serta saran dan masukan terkait penyusunan Raperda Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Keluarga.

“Kami mencari informasi terkait penyusunan Perda ini dan meminta masukan dari kampung KB desa Juru Seberang hasilnya akan kami bawa ke dalam rapat pansus nanti,” kata Anggota Pansus pembentukan Raperda Pengendalian Penduduk Pembangunan Keluarga, Eka Budiartha kepada awak media, Kamis (16/12).

Dia mengatakan, kampung KB Desa Juru Seberang merupakan salah satu Kampung KB percontohan di Bangka Belitung sehingga dijadikan sebagai salah satu lokasi pengumpulan informasi serta data yang diperlukan dalam penyusunan raperda tersebut.

“Kami melihat bagaimana aplikasi kampung KB di Desa Juru Seberang kemudian melihat data dan parameter kegiatan yang telah dilakukan oleh Kampung KB Desa Juru Seberang ini,” tandasnya.

Eka menilai program kegiatan Kampung KB Desa Juru Seberang telah berjalan cukup baik namun sangat disayangkan masih terkendala kurangnya anggaran.

“Kegiatan banyak namun anggaran minim sehingga kedepannya peran pemerintah provinsi dalam membina kampung KB, kader KB dan penghargaan desa yang berprestasi di bidang KB harus lebih ditingkatkan terutama dalam sisi anggarannya,” imbuhnya.

Ia menilai, persoalan pembangunan keluarga merupakan sesuatu yang penting dan mendasar, sudah saatnya memiliki paradigma bahwa pembangunan keluarga merupakan awal dari segala pembangunan.

“Karena selama ini kita selalu berbicara tenang pembangunan ekonomi namun selama pembangunan keluarga yang tidak konsisten dan terarah jadi semacam sepihak,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Juru Seberang, Darsono menyambut baik kunjungan tersebut dan siap membantu memberikan penjelasan serta data mengenai perkembangan dan program kegiatan kampung KB Desa Juru Seberang.

“Data semuanya lengkap tadi sudah kami serahkan kepada mereka karena kami memiliki rumah data jadi terkait data apapun sangat lengkap,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan sejumlah usulan dan masukan antara lain mengenai kondisi anggaran yang minim.

“Kami sebagai kampung KB percontohan seharunya Pemerintah Provinsi ada menganggarkan anggaran khusus terutama terkait pengembangan kemajuan kampung KB karena di Belitung ini ada 11 Kampung KB,” ujarnya.

Dirinya juga mengusulkan agar pemerintah Provinsi dapat memberikan insentif bagi ketua dan pengurus Kampung KB sehingga dapat bekerja lebih optimal dalam upaya pengendalian penduduk dan pembinaan keluarga.

“Sehingga mereka dapat lebih optimal dalam mengajak dan mengedukasi masyarakat mengenai pengendalian penduduk seperti kampanye bahwa dua anak cukup dan kegiatan lainnya,” terangnya. (***).

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.