Kades Juru Seberang Ajak Warga Bersihkan Lingkungan Untuk Antisipasi Penyebaran DBD

Tanjungpandan, Suararakyatnusantara. Com– Pemerintah Desa Juru Seberang mengambil langkah cepat dalam mengantisipasi penyebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di desa tersebut terutama ketika memasuki musim penghujan sekarang ini.

Kepala Desa Juru Seberang, Darsono mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengajak warga di desa tersebut menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

“Kami mengimbau warga senantiasa membersihkan lingkungan tempat tinggal untuk mengantisipasi bersarangnya nyamuk Aedes aegypti atau DBD,” katanya.

Pemdes Juru Seberang juga akan melaksanakan kegiatan kerja bakti bersih-bersih lingkungan dengan melibatkan masyarakat di desa tersebut pada Rabu (15/12) mendatang.

Ia mengatakan, ketika memasuki musim penghujan, potensi munculnya genangan air kemudian menjadi tempat bersarangnya nyamuk DBD cukup banyak.

“Apalagi saat ini sering terjadi banjir rob atau air laut pasang kemudian ketika surut banyak menimbulkan genangan-genangan di halaman rumah warga,” imbuhnya.

Dia mengajak warga aktif melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3 M yaitu Mengubur, Menguras dan Menutup tempat yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk DBD.

“Barang-barang bekas di sekitar rumah yang tidak dimanfaatkan lagi bisa dikubur jangan sampai menjadi tempat air menggenang,” jelasnya.

Dia mengatakan saat ini Desa Juru Seberang masih nihil kasus DBD maka dari itu pihaknya akan terus mempertahankan kondisi tersebut.

“Kami tidak ingin seperti tahun kemarin angka penyebaran DBD di Desa Juru Seberang cukup tinggi,” sebutnya. (***)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.