Banjir Rob di Desa Juru Seberang, Puluhan Rumah Terendam, Warga Keluhkan Dam Banyak Yang Rusak

Tanjungpandan, Suararakyatnusantara. Com- Puluhan rumah warga Desa Juru Seberang tepatnya di Dusun Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) terendam banjir rob yang sudah berlangsung sejak Senin (06)/12) lalu hingga hari ini. Rabu (08/12).

Kejadian ini memang hampir setiap tahun terjadi setiap musim barat (air laut pasang tinggi- red) dan musim penghujan.

Berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, tahun ini sangat parah, baru saja kurang dari satu minggu memasuki musim barat. Air sudah sampai masuk kerumah-rumah warga.

Salah satu warga inisial FH menyampaikan, setiap tahun air laut pasang semakin tinggi ditambah lagi Dam (Bendungan- red) sudah banyak yang rusak.

Yang mana menurutnya lagi Dam tersebut berfungsi sebagai penahan agar air laut pasang tidak sampai naik kedaratan sudah banyak yang rusak.

Masyarakat berharap ada perhatian dari pihak-pihak terkait untuk menanggapi permasalahan yang setiap tahun mereka hadapi ini.

Diketahui proyek Dam tersebut di laksanakan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bangka Belitung, mereka berharap agar dapat ditinjau kembali serta ditindak lanjuti.

“Dam di desa kami ini, sepengetahuan kami memang belum pernah dilakukan perawatan rutin oleh pihak maupun dinas terkait. Jadi meskipun itu sudah rusak kemungkinan mereka tidak akan tahu,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, mereka juga berharap pemerintah desa segera layangkan surat kepada pihak yang memiliki kewenangan terhadap proyek tersebut.

“Saya berharap dinas terkait segera menanggapi permasalahan ini, dikarenakan setiap tahun debit air laut pasang semakin tinggi. Diperparah lagi dugaan dengan adanya perusakan- perusakan lingkungan yang semakin menjadi- jadi,” harapnya. (Tim)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.