Briptu Era Septiana Polwan Polda Babel Pertama Yang Menjadi Pasukan Perdamaian Dunia

Prop. Kep. Babel, Suararakyatnusantara.com – Briptu Era Septiana S.H, berbagi kisah selama bergabung dengan Pasukan Perdamaian Dunia (PBB) di Sudan Afrika.

Era Septiana adalah anak ke 3 dari 4 bersaudara ini menjadi Polisi Wanita pertama yang bergabung dalam misi perdamaian FPU XII Unamid.

Briptu Era Septiana merupakan Polwan Angakatan 4238 Polda Kep. Babel mengemban misi mengendalikan ketertiban umum, melindungi personel dan fasilitas PBB, mendukung operasi kepolisian setempat, serta melindungi warga sipil dan pengungsi yang menjadi korban konflik di Sudan.

Era Septiana bertugas di Sudan sejak 2020 dengan aktivitas mulai dari penjagaan, patrol hingga pengawalan objek vital PBB. Mereka akan tergabung dalam FPU XII Satgas Garuda Bhayangkara, merupakan personil yang lolos dalam seleksi dari 33 Polda yang ada di Indonesia.

Tidak hanya melindungi personel dan fasilitas PBB, manajemen ketertiban umum, juga mendukung kegiatan operasi kepolisian di daerah misi. “Mereka bertugas di bidang berbeda, ada yang di VVIP protection, patrol, escort, check point, riot control, penjagaan kantor, tim kesehatan, staf administrasi, mekanik, dan tim manage.

Untuk itu Kepolisian Republik Indonesia kembali mengirim personilnya yang tergabung dalam FPU XII (Formed Police Unit) Satgas Garuda Bhayangkara untuk menjalankan Misi Perdamaian Dunia di Drfur – Sudan Afrika Utara.

Era Septiana menuturkan kesulitan dalam berkomunikasi karena lemahnya jaringan seluler di daerah operasi. “Kami kesulitan untuk berkomunikasi dengan keluarga di tanah air. Selain sinyal telepon, keterbatasan air bersih pun menjadi kepala yang harus diadaptasikan oleh personel dalam penugasan di Darfur, Sudan. Penggunaan air bersih harus efektif dan efisien, dibatasi sesuai prioritas kebutuhan. “Iklim yang ekstrem juga menjadi kendala, pada siang hari, suhu mencapai 45 derajat celsius sedangkan untuk malam hari, 6 derajat celsius serta bisa terjadi haboob (badai pasir).

Era Septiana Bersama kontigen lainnya juga melaksanakan kegiatan sosial membantu masyarakat setempat membangun masjid, membagikan masker hingga peralatan protkes yang menunjang untuk pencegahan Covid-19.

“Selain kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, kami juga melakukan pengawalan terhadap makanan, obat-obatan dan air bersih yang didistribusikan oleh United Nations (PBB) kepada para pengungsi di Sudan” jelas Era Septiana Saat dihubungi crew Humas Polda Babel.

“Selama 11 bulan berada di negara yang terletak di Timur Laut Benua Afrika Ini tidak ada perbedaan pekerjaan antara Polwan maupun Polki. Semoga ini bida menjadi pemacu yang lainnya agar jangan takut maupun minder untuk maju dan berprestasi” tegas Era Septiana. (bid. Humas Polda Kep. Babel)(RED)

Avatar

Author: suararakyatnusantara.com

PT BAHTERA LAGA NUSANTARA ( SK MENKUMHAM RI NOMOR : AHU-0031126.AH.01.01.TAHUN 2021 TANGGAL 05 MEI 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.